By | 21 Juni 2019

Probiotik merupakan mikroorganisme yang baik untuk mencegah munculnya berbagai jenis penyakit pada tubuh. Selain itu probiotik untuk kesehatan saluran cerna dan meningkatkan sistem imunitas pada tubuh. Memang secara umum jenis probiotik sudah ada secara natural di dalam tubuh setiap orang, tetapi Anda juga bisa meningkatkan dengan tambahan dari makanan, minuman ataupun suplemen yang sudah banyak dijual dipasaran. Nah, Anda bisa memilih sendiri jenis seperti apa yang paling mudah dikonsumsi dan tentunya mudah untuk didapatkan.

Seperti yang telah dikatakan diatas, jika sebuah probiotik dalam tubuh itu bisa ditingkatkan melalui makanan ataupun minuman yang mendukung. Ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda pilih dan konsumsi setiap harinya untuk menjaga kesehatan seperti:

Yogurt.

Ini merupakan sumber probiotik yang cukup dikenal banyak oleh masyarakat, mudah didapatkan dan mudah dibuat sendiri. Tetapi jika Anda memutuskan untuk membeli lebih baik perhatikan beberapa bahan kandungan didalam produk tersebut.

Tempe.

Makanan khas Indonesia yang satu ini ternyata juga dikenal sebagai sumber probiotik tinggi. Bahan utama dari kacang kedelai dengan kandungan vitamin B12 didalamnya. Bisa disajikan dengan digoreng, dipanggang ataupun digunakan untuk salad.

Sauerkraut.

Ini merupakan jenis makanan hasil fermentasi dari kol ataupun jenis sayuran lainnya. Selain kaya akan probiotik, jenis ini juga bermanfaat untuk mengurangi alergi dan kaya akan vitamin B, A, E dan C.

Kimchi.

Hampir sama dengan sebelumnya, jenis makanan yang satu ini merupakan hasil fermentasi dari sawi ataupun sayuran lainnya. Mempunyai rasa asin, asam sekaligus pedas dan merupakan makanan khas Korea.

Secara umum makanan ataupun minuman sebagai sumber probiotik itu memang lebih aman dikonsumsi oleh setiap orang. Karena tidak semua orang akan cocok atau aman mengkonsumsi jenis suplemen prebiotik tinggi. Sama pentingnya dengan probiotik, dalam tubuh juga memerlukan adanya zat besi yang banyak. Pahami pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia bagi siapa saja. Dipasaran ada juga jenis suplemen lengkap dari keduanya, tetapi jika memang Anda mempunyai masalah kesehatan lebih baik konsultasikan sebelum mengkonsumsi.