By | 19 Oktober 2019

Saat puasa, terkadang muncul masalah yang menyebalkan seperti bau mulut. Nampaknya sepele, tapi bau mulut tentu mengganggu aktivitas sehari-hari terutama saat bertemu dengan banyak orang.

Saat berpuasa, kita pasti tidak melakukan aktivitas makan dan minum sehingga sering mengalami dehidrasi. Kondisi ini menyebabkan berkurangnya air ludah yang berfungsi menjadi pembersih alami rongga mulut.

Tak adanya air ludah membuat bakteri cepat berkembang biak sehingga menimbulkan asam yang dapat merusak gigi.

Ditambah dengan sisa makanan yang belum hilang sempurna di gigi, bakteri semakin cepat berkembang biak. Juga bakteri yang berkembang biak tak terkendali menghasilkan gas sulfur yang membuat mulut bau.

Solusi paling efektif mencegah bau mulut adalah dengan menjaga kebersihan gigi. Hal yang sering luput saat menggosok gigi biasanya seperti membersihkan lidah. Padahal, lidah mempunyai banyak lekukan yang bisa menjadi tempat sisa-sisa makanan dan bakteri.

Namun ternyata menggosok gigi dengan memperhatikan kebersihan rongga mulut tidaklah cukup. Sering kali air ludah tetap berkurang dan mulut terasa kekeringan. Alih-alih mulut terasa segar, bakteri penyebab bau mulut justru berkembang biak tak terkendali. Penyebabnya karena salah memilih pasta gigi.

Sebagian besar pasta gigi yang berada di pasaran mengandung sodium lauryl sulfate (SLS), atau detergen. Kandungan ini seolah menimbulkan sensasi bersih setelah menyikat namun sebenarnya malah menyebabkan kekeringan di mulut.

Kamu perlu pasta gigi bebas detergen dan mampu membersihkan gigi. Pasta gigi Enzim Classic Mild tanpa detergen sehingga tidak membuat mulut kering.

Enzim Classic Mild mengandung amyloglucosidase, glucose oxidase, dan lactoperoxidase yang bermanfaat mengembalikan kualitas air ludah agar dapat mengontrol keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut.

Sementara lysozyme dan lactoferrin bertugas mengeliminasi bakteri pathogen penyebab penyakit.

Dengan rasa yang lembut dan tanpa detergen membuat Enzim mempunyai cara unik menyikat gigi. Kamu tak perlu membasahi sikat atau berkumur sebelum menggosok gigi.

Cara kering ini justru merangsang produksi air liur di dalam mulut, juga agar kandungan enzim ini optimal langsung bekerja pada air ludah.